RSS

Sabtu, 30 April 2011

tugas pendidikan kewarganegaraan #3

KETAHANAN NASIONAL

Pengertian

Ketahanan nasional dapat diartikan sebagai pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan.




Adapun ketahanan nasional terbagi dalam beberapa aspek, diantaranya :

  1. Aspek ekonomi : Berisi ketahanan suatu negara dalam mempertahankan kehidupan perekonomian bangsanya sesuai dengan undang - undang yang berlaku.
  2. Aspek sosial dan budaya : Berisi ketahanan suatu negara dalam mempertahankan segala aspek sosial dan budayanya. contoh seperti Indonesia yang mempertahankan kebudayaan batik dari Malaysia.
  3. Aspek pertahanan dan keamanan : Ketahanan suatu negara dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan hambatan yang datang dari luar maupun dari dalam yang secara langsung maupun tidak langsung membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bukan tidak mungkin akan banyak sekali ancaman - ancaman yang dapat melemahkan ketahanan suatu bangsa, antara lain :

  1. ancaman dari dalam negeri, berupa : pemberontakan yang terbentuk dari masyarakat Indonesia sendiri bisa sebagai bentuk protes, radikal dan lain - lain.
  2. ancaman dari luar negeri, berupa : infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme yang diancam dari pihak luar negeri.
Untuk itu demi terciptanya ketahanan nasional suatu bangsa, diperlukan penyelarasan hak dan kewajiban masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar